Artikel

PRAKATA

Sebagai bagian dari proses pernikahan, penyerahan hantaran pengantin telah menjadi tradisi di masyarakat.

Tidak diketahui secara pasti kapan munculnya tradisi ini. Namun yang pasti, pemberian hantaran pengantin merupakan bentuk penghormatan keluarga pengantin pria kepada calon pengantin wanita.

Isi paket antaran tentunya berbeda-beda, tergantung dari permintaan peengantin wanita, adat istiadat, kemampuan pihak pengantin laki-laki, atau faktor lainnya. Tampilan dan bentuk kreasipun akan berbeda-beda. Semakin kreatif si pembuat, semakin menarik pula paket hantaran pengantin yang akan tersaji.

Blog ini akan berusaha menjawab masalah ini, dan untuk selanjutnya akan di istilahkan dengan nama :
“P E N I N G S E T……”

PENINGSET

PENINGSET adalah istilah dari bahasa jawa yang artinya ‘PENGIKAT’ berupa paket hantaran atau seserahan dari pihak pengantin lelaki pada pihak pengantin perempuan, yang di gunakan sebagai mas kawin atau oleh-oleh sebagai syarat pernikahan.
Dengan peningset ini, akan menjadi sebuah simbol penghormatan dan keseriusan dari pihak pengantin laki-laki dalam meminang pengantin perempuannya.

Saat ini peningset atau hantaran pengantin telah mengalami transformasi tampilan, dari yang tadinya hanya sebatas barang-barang yang di kemas apa adanya, menjadi barang-barang yang disajikan secara lebih menarik.

Seiring perkembangan waktu inilah, maka tampilan peningset ini akan lebih fariatif dan lebih menarik tergantung dari orang yang trampil dalam menyusunnya.

sepatu dan tas

sepatu dan tas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s